Berita Desa

Sosialisasi Administrasi PKK Desa Sekecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan

14 April 2022
Admin
Dibaca 321 Kali
Sosialisasi Administrasi PKK Desa Sekecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan

Ketua TP PKK Kabupaten Ibu hj Winarni Nanang Ermanto didampingi Wakil Ketua TP PKK kabupaten Lampung Selatan menghadiri acara Sosialisasi Pembinaan Administrasi Kepada TP PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se Kecamatan Rajabasa di Lapangan Balai Desa Hargo pancuran. Rabu/13 April 2022.

 

Kutipan materi yang di sampaikan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto.

(sumber: voice record transform)

 

KEGIATAN SOSIALISASI PEMBINAAN ADMINISTRASI TP.PKK KECAMATAN, KELURAHAN, DESA, SEKECAMATAN RAJA BASA LAMPUNG SELATAN.

Hasil rakernas yg ke- 9, thn 2021 Tema nya kemitraan dan sinergitas menjadi kunci dalam perwujudan keluarga berdaya dan sejahtra. Gerakan pkk mempunyai visi yaitu terwujud nya keluarga pelopor perubahan dalam pemenuhan SDM berkualitas melalui ketahanan ekonomi revolusi mental lingkungan hidup dan pelayanan dasar.

* Ada 5 misi yang di lakukan dalam mewujudkan visi gerakan PKK keluarga berkualitas melalui PAAREDI

  1. mewujudkan keluarga yang terdidik terampil dan berkemampuan.
  2. mewujudkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan.
  3. mewujudkan derajat kesehatan keluarga.
  4. mewujudkan pengelolaan gerakan PKK melalui SIM PKK yaitu sistem informasi menejemen PKK dan juga secara masif dan
  5. mengaktifkan dari pembentukan kelompok Dasawisma serta mengaktifkn gerakan² PKK di dalam Dasawisma Hasil Rakernas yang ke-9, thn 2021 yang mempunyai program unggulan yang kita laksanakan dari thn 2021- 2024 dari pokja 1 s/d 4. "

"Program unggulan pokja 1"

  1. yaitu pembinaan karakter keluarga di dlm nya ada PAARADI (pola asuh anak dan remaja di Era Digital). yg mana diwujudkn melalui KISAH (keluarga Indonesia sejahtra dan harmonis ).
  2. KISAN (keluarga Indonesia sehat tanpa narkoba ).
  3. KISAK (keluarga Indonesia sadar administrasi kependudukan.
  4. KIAT(keluarga Indonesia anti trafficking.
  5. KILAS (keluarga Indonesia lindungi anak dari kekerasan seksual).
  6. perwujudan PAAREDI adalah PKBN bagaimna pembinaan kepada keluarga² tentang bela negara.

"program unggulan pokja 2."

adalah gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi yaitu pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga. "

"program unggulan pokja 3."

penguatan ketahanan keluarga melalui gerakan AKU HATINYA PKK ( amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman jadi AKU HATINYA PKK untuk mendukung penanggulangan covid-19 dan penurunan angka stunting.

"program unggulan pokja 4."

  1. kesehatan keluarga dan lingkungan di wujudkan melalui keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana. di pokja 4 ini ada pembentukan DPP (duta perubahan perilaku ). untuk program unggulan TP.PKK yang selanjut nya adalah sekretariat, yaitu modernisasi organisasi PKK di sekretariat dengan berbasis pemanfaatan digitalisasi.

"Ibu Hj.winarni juga menyampaikan beberapa pesan kepada TP.PKK kecamatan dan desa:

  1. jadikan kegiatan sosialisasi dan pembinaan pkk ini sebagai sarana untuk menambah ilmu dan wawasan khususny bagi seluruh pengurus TP. PKK kecamatan dan desa dalam upaya memperbaiki proses administrasi dalam pelaksanaan 10 program PKK.
  2. terapkan implementasikan dan terapkan serta sosialisasikan kembali pada masyarakat dan keluarga² yang ada di seluruh desa sekabupaten lampung selatan khusus nya kecamatan raja basa apa yg telah di dapat dari hasil pembinaan. sosialisasi pembinaan administrasi PKK rabu tgl 13 april 2022 sehingga kegiatan ini memiliki manfaat yang nyata bukan hanya sekedar seremoni belaka.
  3. TP.PKK kecamatan Dan desa harus dapat bekerja sama dan bermitra kpd semua pihak khusus nya pemerintah baik kecamatan Dan desa untuk mewujudkan Keluarga yang berdaya serta sehahtera.
  4. TP.PKK kecamatan Dan desa harus dapat menyusun program kerja sesuai dengan kemajuan desa nya dan ajukan kepada pemerintah desa agar desa di anggarkan kedepan nya.
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image